Perbedaan dan Pengertian SEO On-Page dan Off-Page - Sholah.Net | Tips & Tutorial
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Perbedaan dan Pengertian SEO On-Page dan Off-Page

Rabu, 30 Maret 2016


Setelah sebelumnya membahas pengertian SEO, sekarang saya akan memberi tahu perbedaan SEO on page, dan SEO off page. Apa perbedaannya?

1. SEO On-Page

Kepanjangan dan Maksud SEO on-page adalah Search Engine Optimization (Optimalkan Mesin Pencari) pada blog. Jadi, sistim onpage maksudnya adalah mengatur SEO pada halaman itu sendiri. Salah satu tekniknya seperti berikut :

A. Pada domain

Mengatur nama domain untuk membak keyword. Seperti "bajumurah.com" "grosirsepatu.com", dll

Dalam nama domain, hindari penggunaan tan strip " - ". Jadi, anda bisa menembak keyword menggunakan domain, ataupun domain itu dibuat dengan nama merk yang mudah diingat.

B. Pada artikel

Gunakanlah custom URL dalam membuat artikel.

Umumnya, dalam membuat artikel blogger, pasti akan dibuatkan link atau url postingan secara default. Dan bila judul terlalu panjang, akan dipotong. Maka gunakanlah custom url.

Contoh :
default = http://www.colah.id/cara-mudah-membuat-custom-url-pada.htmldibuat sendiri menjadi = http://www.colah.id/cara-mudah-membuat-custom-url-pada-blog.html

Gunakanlah tanda " - " sebagai pengganti spasi untuk mengejar keyword.

C. Pada gambar

Berikan alt ins atau caption pada gambar.

Mesin pencari merayapi gambar bukan berdasarkan kemiripan gambar dengan keyword. Tetapi, berdasarkan nama gambar, dan keterangan gambar. Maka, buatlah keterangan gambar dengan keyword yang kita inginkan tidak lebih dari 15 kata.

D. Meta tag pada blog

Fungsi ini hampir sama seperti memberi keterangan pada gambar, namun lebih susah. Karena kita mengatur apa saja yang boleh dibaca mesin pencari. Dan meta tag diatur pada template. Karena itu mesti paham betul mengenai HTML.

Ada yang mengatakan kalau tampilan blog juga berpengaruh. Seperti meletakkan widget di sebelah kanan. Supaya yang diindeks oleh mesin pencari adalah artikelnya dulu. Karena sistim pembacaannya dari kiri ke kanan.

2. SEO Off-Page

SEO off-page adalah teknik membagun SEO di luar blog. Salah satu cara SEO offpage seperti berikut :

A. Membuat backlink

Backlink adalah link rujukan dari blog lain yang jika diklik mengarah ke blog kita. Namun, backlink yang salah akan membuat blog kita dianggap spam dan tidak ramah SEO.

Backlink yang baik adalah backlink di artikel, oleh website .EDU, dan dofollow.

Akan banyak yang dibahas mengenaik backlink. Namun singkatnya, kurangi backlink selain cara diatas. Karena mitosnya tidak ramah bagi blog kita.

B. Submit ke webmaster tools

Ini adalah hal utama yang harus dilakukan dalam SEO off page. Yaitu memperkenalkan blog kita kepada mesin pencari. Jadi, ketika kita membuat artikel, akan langsung masuk dipencarian meskipun di halaman belakang. Namun, dengan teknik yang baik, lama kelamaan akan naik menjadi page one.

C. Blog walking (BW)

Blogwalking atau BW adalah saling berkunjung sesama blogger dan saling meninggalkan komentar relevan.

Namun, hindarilah komentar SPAM yang merusak blog anda. Seperti hanya link aktif, dan mengandung keyword negatif.

Sebenarnya masih banyak teknik baik SEO On-Page maupun SEO Off-Page. Namun yang paling penting adalah perbedaan tersebut. Jika anda sudah mengetahui perbedaanya, silahkan praktikkan trik diatas. Terutama yang paling utama, silahkan baca "Cara Daftarkan Blog ke Google Webmaster Tools"
Share This :
Sholah

Saya adalah seorang Blogger, Youtuber, Paypal Marketer di Bakul Paypal, dan CPNS dengan jabatan Pranata Komputer di Instansi Kabupaten.

0 komentar

Silahkan tinggalkan komentar apabila ada yang ingin ditanyakan