Teknik Dasar Editting Foto Dengan Photoshop


advertisement

Sebelum anda mengedit menggunakan photoshop, anda harus mengetahui dasar dari Photoshop. Saya berjanji akan mengajari anda menggunakan photoshop dari nol, sampai ke level menengah ke atas. Karena saya belajar photoshop adalah otodidak. Bermula dari menonton televisi dengan topik penampakan UFO. Dari situ, pakar telematika Roy Suryo (Pada saat itu) menunjukan betapa mudahnya memanipulasi foto seperti UFO di langit. Roy Suryo menunjukan teknik meng-copy sebagian gambar UFO, dan mem-paste di gambar langit. Maka nampaklah UFO di langit. Dari situ, saya simpulkan teknik dasar Photoshop sebagai berikut :



Teknik Photoshop dalam dunia nyata, diibaratkan seperti kita menggunting sebuah gambar pada kalender, dan menempelkannya ke gambar lain menggunakan Lem.

Jika anda sudah paham logika di atas, berarti anda siap menggunakan photoshop. Selain itu, dalam Photoshop yang perlu diperhatikan adalah tumpukan gambar. Istilahnya :

Semakin banyak potongan gambar yang ingin kita lem pada gambar utama, maka kita harus menentukan gambar mana yang ditumpuk atau tertutupi, dan gambar mana yang menumpuk atau menutupi.

Contoh :

Gambar sebuah sawah, kita tempeli gambar sapi. Tapi kita ingin setengah badan tubuh sapi itu tertutup rumput. Berarti kita tutup lagi sapi itu dengan gambar rumput.

Sudah mulai mengerti?

Nah, enaknya menggunakan photoshop adalah kita bisa memotong gambar dengan rapi berdasarkan gambar apa yang kita inginkan, dan bisa juga berdasarkan warna. Karena itulah dengan photoshop kita bisa merubah background, dan manipulasi foto lainnya.

Jika sudah paham dengan teori di atas, saya akan memberikan tutorial dasar merubah background foto. Namun sebelum itu, siapkanlah Software Photoshop CS berapapun. Namun saya akan menunjukkan tutorial menggunakan Adobe Photoshop CS 3 yang paling sering digunakan.

Setelah itu, silahkan simak caranya di artikel "Cara Cepat Merubah Background Foto Pada Photoshop"

advertisement

Silahkan tinggalkan komentar apabila ada yang ingin ditanyakan

Kamu Pakai Adblock (Anti Iklan)?

Maaf, harap jangan menggunakan Adblock (Anti Iklan) untuk mendukung situs ini tetap berjalan.

Dengan mematikan Adblock (Anti Iklan) berarti kamu telah bersedekah kepada kami.

Terimakasih banyak. ^_^