Pengalaman Mendapatkan 9 Juta Sebulan Dari Blog Indo


advertisement

Alhamdulillah di bulan Juni 2018 ini saya mendapat rejeki yang melimpah dari Allah SWT.  Dari kedua money site saya, kalau ditotal bulan ini menghasilkan 11 Juta Rupiah (11.000.000). Kalau ditambah youtube kurang lebih 13 juta. Ini adalah gaji terbanyak dari google yang pernah saya terima.  Karena dulu saya sebulan cuma 200 ribu, meranjak 500, 800, 1 juta, hingga sampai sekarang ini. Bagaimana ceritanya dan bagaimana tipsnya? Saya akan menjelaskan di artikel saya ini.

Akhir-akhir ini banyak sekali yang minta saya mengajari membuat blog yang menghasilkan. Padahal kenyataanya saya sendiri tidak tau bagaimana caranya. Kalau saya tau pasti saya bikin banyak. Kenyataanya saya hanya punya 2 saja. Dan itupun mungkin karena beruntung. Jadi saya bisa menghasilkan sebanyak itu mungkin faktor beruntung. Tetapi tetap ada tips dan perjuangannya. Kebanyakan yang bertanya ke saya hanya tau hasilnya saja. Mereka tidak tau perjuangan saya memandang monitor berjam-jam dan hanya ingin mendapatkan hasil dalam waktu yang cepat. Oleh karena itu berikut saya ceritakan pengalaman saya.

Awal saya blogging

Saya mengenal blog tahun 2009 jaman masih SMP. Disitu saya membuat blog asal-asalan di warnet. Isinya copas semua, widgetnya ramai. Ada game, animasi, radio, bahkan tv online. Padahal keceptan internet pada masa itu masih ratusan kb saja. Tapi merasa keren saja dijaman itu punya blog sendiri meskipun gak jelas tujuannya. Saya menghabiskan uang jajan hanya untuk ke warnet sambil main game pada masa itu.

Setelah itu saya mengenal adanya Google Adsense. Yaitu iklan yang bisa tayang di blog dan dibayar ketika ada yang mengklik. Saya daftar dengan blog copas saya. Dan sudah jelas pasti ditolak. Karna saya belum bisa menulis. Tapi dari situ saya belajar mengenal menu blog, edit template, dll. Meskipun cuma mengganti gambar saja bisanya. Widget juga masih ramai. Mousenya saya kasih efek salju, dll. Namun kemudian saya tidak bermain blog lagi

Tahun 2013

Di tahun 2013 saya membuat komunitas stand up comedy. Dan saya mulai belajar membuat blog untuk komunitasnya. Disitu tidak seramai dulu. Yang penting memuat informasi tentang komunitasnya. Tapi disini saya tidak mikir adsense karena saat itu saya masih sekolah SMK kelas 2 disaat PKL dan belum minat blogging. Tetapi waktu itu saya punya hobi menulis cerpen. Jadi cerpen saya, saya upload di blog. Dan memang tidak ada keinginan adsense lagi.

Masuk dunia kerja

Ditahun 2015 saya mulai lulus 2015. Awalnya saya tidak ingin kuliah dan memutuskan bekerja. Saya bekerja di salah satu percetakan di kota saya. Saya belum memiliki ilmu membuat web. Tetapi bos saya menginginkan saya membuat web dengan wordpress. Padahal saya belum ada ilmu. Akhirnya saya kasih saran menggunakan blogspot. Dengan alasan lebih murah karena tanpa hosting. Dan saya diminta membelikan domain .com. Padahal saya belum pernah beli. Jadi disitulah saya pertama kali belajar.

Karena saya sudah berhasil membuat blog perusahaan, saya jadi memiliki hobi otak atik blog. Akhirnya gaji pertama saya, saya buat membeli domain. Dan mulai dari situ saya blogging secara betulan dengan artikel nulis sendiri. Isinya masih gado-gado dengan isi curhat, review film yang saya tonton, dan kadang kala saya kasih link download film. Dulu saya share lewat grup facebook blogger Indonesia dan saling melakukan blog walking atau kunjungan balik. Eh tak taunya malah pengunjung makin ramai. Mungkin perhari 300an. Dan itu awal saya sangat senang. Tetapi saya belum bisa monetize karena selalu ditolak adsense.

Akhirnya, saya diajak Join Venture (JV Adsense) sama orang gak kenal di facebook. Jadi blog saya dipasang iklan dia, nanti bagi hasil. Eh malah kena penipuan. Uangnya gak dikasih. Saat itu belum 17 tahun. Jadi saya belum mendaftar adsense dulu. Meskipun sebenarnya bisa memalsukan usia. Tapi akhirnya saya tunggu tepat saat hari ulang tahun saya untuk mendaftar Adsense. Dan saat itu kebetulan bulan November tepat ulang tahun saya, saya coba daftar adsense dan langsung dapat Adsense non Hosted. Tanpa saya tau saat itu memang lagi ramai bug daftar adsense lewat youtube. Dan itu adalah adsense pertama saya.

Awal masuk kuliah

Saat ini saya membagi waktu bekerja sambil kuliah. Karena saya pengen kuliah dan perusahaan merasa berat kehilangan saya, akhirnya saya dikasih kelonggaran bekerja sesuai jam yang saya bisa. Dan itu adalah saat saya sudah memiliki adsense. Setelah saya memiliki adsense pertama, saya coba pasang di blog. Disitu earning mulai berjalan dari ratusan perak, 1000, hingga 5000. Saya sangat senang bisa dapat 5000 perhari. Karena saya punya cita-cita bisa pasang internet sendiri dirumah. Soalnya saat itu saya suka riwa riwi cari wifi.id dan wifi kampus. Beberapa bulan kemudian saya menerima surat PIN pertama dari google hanya dengan blog gado-gado yang isinya kebanyakan yang laris adalah link download film. Saya gak tau kenapa download film bisa dipasang adsense. Tapi begitulah ceritanya. Namun kemudian kisah memilukan terjadi. Saya mulai mengenal deepweb dari teman kampus saya. Suatu saat saya menemukan video dan saya iseng upload di youtube. Viewnya baru sehari langsung banyak. Tetapi, besoknya AKUN GOOGLE SAYA DIHAPUS. Bukan banned lagi tetapi terhapus. Mulai dari blog, email, adsense, dll semuanya hilang. Saya jadi auto miskin dan saldo saya ludes. Sehingga belum sempat merakan bayaran google. :(
Ingin melanjutkan tapi tidak ada dana. Domain tersebut juga sudah hampir expired. Akhirnya saya memutuskan vakum dan memperpanjang nanti saja.

Setelah dibanned

Akhirnya saya membuild ulang dan tanpa domain TLD. Kebetulan saya masih punya akun adsense. Dari situ saya punya dendam dengan google. Hingga akhirnya saya mencoba semua teknik blackhat atau yang melanggar komunitas. Dan alhasil setiap hampir payout, akun kena disable. Hingga akhirnya saya menyerah.

Beberapa lama kemudian setelah vakum, saya punya cukup uang kembali. Saya mencoba peruntungan dengan mendaftarkan domain lama saya. Tetapi malah domain saya didaftarkan ulang oleh orang lain. Dan malahan dibuat bikin blog lendir. Akhirnya saya build blog baru. Saya mencoba berkali-kali hingga akhirnya saya menemukan niche yang tepat. Niche yang sedikit pesaing tetapi peminatnya lumayan.

Blog tersebut saya buat berbahasa Indonesia di akhir bulan November 2016. Saya rewrite dari blog orang dengan gaya penulisan saya. Awal-awal saya semangat hingga puluhan artikel perhari. Disitu saya coba share ke grup facebook yang sesuai tema blog saya. Alhamdulillah pengunjung berdatangan sedikit demi sedikit. Hingga akhirnya saya beli domain dan saya rajin menulis lagi. Dalam waktu 2 bulan saya sudah mendapatkan minimal 200 visitor/hari. Dan setelah itu blog mulai berkembang. Dan dibulan januari earningnya sudah 200ribu/bulan. Kemudian Maret 400ribu, April 700 ribu. Dan itu pertama kali saya merasakan Payout dari google. Rasanya sangat bahagia.

Jadi kesimpulannya, rejeki saya saat ini adalah hasil dari pertaubatan saya dari dunia gelap. Tinggalkanlah barang haram maka Allah akan menggantinya dengan yang halal. Bisa dilihat setelah itu saya rajin menulis mungkin selama beberapa bulan saja. Sekarang pengunjung saya sudah puluhan ribu perhari. Minimal gajian setidaknya 2x UMR di kota saya itu sudah lumayan cukup. Apalagi ini bisa lebih-lebih. Jadi untuk para pembaca, jangan pernah menyerah. Tidak ada hasil yang instant.

advertisement

Silahkan tinggalkan komentar apabila ada yang ingin ditanyakan

Kamu Pakai Adblock (Anti Iklan)?

Maaf, harap jangan menggunakan Adblock (Anti Iklan) untuk mendukung situs ini tetap berjalan.

Dengan mematikan Adblock (Anti Iklan) berarti kamu telah bersedekah kepada kami.

Terimakasih banyak. ^_^