Cara Saya Membuat Channel Youtube Bisa Payout Tiap Bulan


advertisement

Cara Saya Membuat Channel Youtube Bisa Payout Tiap Bulan - Halo para pembaca semuanya. Jika di google sudah banyak tutorial menghasilkan uang dari youtube, kali ini saya akan membagikan tutorial supaya channel youtube bisa payout setiap bulan.

Youtube adalah platform untuk berbagi video secara online yang dimiliki oleh google. Setiap video yang ditonton orang, bisa menghasilkan uang dengan menayangkan iklan dari Google Adsense. Sayangnya cara approve adsense youtube saat ini semakin sulit. Bahkan ketika sudah di approve pun sangat sulit mendapatkan uang dari youtube. Oleh karena itu kali ini Sholah.Net akan membagikan pengalaman sekaligus sharing bagaimana cara membuat channel youtube yang bisa payout setiap bulan. Berikut pembahasannya.

1. Tentukan Tema

Sebelum membuat channel youtube, yang pertama saya lakukan adalah menentukan tema untuk channel. Dan sebisa mungkin diusahakan tema yang kita pilih adalah micro niche. Maksudnya adalah sub tema kecil dari tema yang kita pilih. Misalnya kita ingin membuat channel tutorial, maka pilih yang lebih spesifik. Misal tutorial gitar, memasak, dll. Karena tema yang kecil akan menentukan banyaknya penonton video kita. Konsepnya semakin kecil tema, semakin sedikit pesaing, dan semakin banyak penonton. Tentu saja jumlah peminat konten berpengaruh.

2. Melihat Pesaing

Setelah kita menentukan tema, kita harus melihat seberapa banyak pesaing dan peminat tema yang kita pilih. Misal kita pilih tema memasak, kita coba cari contoh channel yang memiliki tema memasak. Dari situ kita bisa melihat berapa peminat dari jumlah viewsnya, berapa pesaing yang memiliki channel dengan tema sama, dan juga kita juga bisa terinspirasi dari konsep konten mereka.

3. Buat Brand Channel

Setelah kita melakukan nomer 1 dan 2, selanjutnya tentukan nama channel yang akn kita buat. Bisa dengan Keyword, ataupun Branding. Branding disini maksudnya nama sendiri tanpa keyword. Misalkan "On The Spot", "Go Viral", dll. Namun saya biasanya menggunakan kedua teknik menjadi satu. Yaitu branding dan keyword. Misalkan saya ingin membuat channel masakan bisa saya kasih nama "Sholah Resep", atau "Sholah Memasak". Kalau tentang game bisa ditambah "Gaming", dan sebagainya bisa anda kreasikan sendiri.

4. Upload Secara Bertahap

Saat diawal saya membuat channel, sedang ramai badai suspend. Yaitu penghapusan channel tanpa alasan yang jelas. Setelah saya amati, channel yang dihapus karena subs meningkat drastis karena sub for sub, share di sosmed, dan upload secara massal. Setelah saya analisa itulah penyebabnya. Oleh karena itu kemudian saya membuat channel tapi tidak langsung upload video. Saya upload 1 video perminggu dan tanpa share kemanapun. Setelah itu mulai seminggu 2x, dan bertahap sampai badai suspend berakhir.

5. Isi Deskripsi Sederhana

Di awal-awal channel berdiri, deskripsi video saya buat sama dengan judul. Karena saat itu rawan suspend jadi saya takut dikira spam. Hindari hastag dan kata kunci yang berlebihan. Yang penting keywordnya dirangkum dibentuk kalimat pada diskripsi dan jangan terlalu panjang.

6. Tunggu Channel Berumur

Waktu itu aku tunggu sampai 6 bulan baru saya mulai rutin upload sehari sekali atau 3-4 kali sudah aman. Dan jika usia sudah segini setidaknya kita pasti sudah mendapat subscriber meskipun cuma sedikit. Tenang saja itu hal wajar. Dan kalau sudah berumur 6 bulan anda bisa share video di grup facebook ataupun WA. Namun perlu dicatat "JANGAN SPAM".
Maksudnya silahkan share video anda di grup yang sesuai. Usahakan jangan pakai akun facebook asli. Tapi pakai akun palsu untuk keamanan privasi.
Saat sudah berumur kita juga bisa memberi tag pada video kita dan juga deskripsi yang lebih panjang dari sebelumnya. Namun tetap berhati-hati jika anda belum memiliki minimal 1000 subscriber karena masih dianggap channel amatir oleh pihak youtube.

7. Monetasi Channel

Dulu channel bisa dimonetasi kapanpun. Tapi kemudian peraturan berubah menjadi minimal 10000 views. Oleh karena itu saya pernah menulis Ebook Solusi Monetize Youtube Dengan Syarat 10000 Views. Namun sayangnya sekarang peraturan berubah lagi. Harus memiliki minimal 1000 Subscriber dan 4000 jam tayang. Jadi kunci membuat channel adalah bersabar dan rajin. Karena semakin banyak subscriber, semakin cepat pula bertambahnya subscriber lainya. Tinggal konsisten membuat konten pasti mencapai 1000 subscriber akan diraih.

Buktinya saat saya menulis paragraf pertama artikel ini subscribernya sejumlah screenshoot diatas. Namun ketika saya menyelesaikan artikel ini, subscribernya sudah 25000. Artinya semakin banyak subscriber nanti akan memancing banyak subscriber lainnya.

TIPS MEMANCING 1000 SUBSCRIBER


  • Ketika Subscriber masih dibawah 10000, sembunyikanlah jumlah subscriber
  • Buatlah Intro dan Outro Youtube yang bagus. Usahakan mengedit menggunakan templat di After Effect atau software lainnya. Bukan pake gratisan online.
  • Buatlah End Card pada video youtube sehingga memancing pengunjung untuk menonton video lain di channel anda.
  • Balaslah komentar dan selalu berikan like dan love untuk memancing mereka datang kembali.


Nah, berikut diatas adalah cara saya membuat channel youtube bisa payout tiap bulan. Saat ini usianya baru 1,5 tahun. Jadi jika channel anda belum berusia 1,5 tahun maka jangan berhenti. Bertolak ukurlah pada contoh channel saya. Jika anda belum mencoba anda tidak akan tau. Jadi, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Jika ada yang ditanyakan, silahkan gunakan kolom komentar. Terimakasih.

advertisement

Silahkan tinggalkan komentar apabila ada yang ingin ditanyakan

Kamu Pakai Adblock (Anti Iklan)?

Maaf, harap jangan menggunakan Adblock (Anti Iklan) untuk mendukung situs ini tetap berjalan.

Dengan mematikan Adblock (Anti Iklan) berarti kamu telah bersedekah kepada kami.

Terimakasih banyak. ^_^